Pelabuhan Celukan Bawang Bali merupakan salah satu proyek yang sedang dibangun guna mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara ke Bali. Pengembangan pelabuhan ini guna menyambut kapal pesiar yang datang ke Bali. Meski beberapa waktu sebelumnya sudah ada kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Celukan Bawang Bali tetapi kapasitas dari kapal pesiar tersebut belum terbilang besar.

Jika sudah dapat beroperasi maka dermaga atau pelabuhan Celukan Bawang ini mampu menampung kapal pesiar dengan ukuran besar. Yang mampu membawa penumpang hingga mencapai 2.500 wisatawan. Pertengahan tahun 2018 diperkirakan akan hadir 18 kapal pesiar dengan ukuran besar datang ke Bali.

Berbagai fasilitas sedang dipersiapkan dan saat ini sedang dalam proses perampungan. Menurut Menteri Pariwisaya Arief Yahya, wisata kapal pesiar akan terus berkembang. Hal ini dilihat data yang dikeluarkan Cruise Line Intenational Association yang menyebutkan bahwa terdapat lebih dari dua juta orang yang melakukan perjalanan wisata menggunakan kapal pesiar di Benua Asia.

Untuk wilayah Indonesia sendi pada tahun sebelumnya terdapat sekitar 172 kapal pesiar yang singgah di pelabuhan-pelabuhan Indonesia. Salah satunya adalah Pelabuhan Celukan Bawang Bali.

Dengan hadirnya dermaga kapal pesiar di Celukan Bawang maka diharapkan hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan wisata di Bali Utara. Mengingat saat ini pertumbuhan wisata banyak didominasi di Bali Selatan.

Objek wisata yang akan mendapatkan dampak baik terhadap pembangunan Pelabuhan Celukan Bawangg Bali adalah Pantai Lovina, Kebun Raya Bedugul, Danau Beratan, Taman Nasional Bali Barat, dan Pulau Menjangan.

Selain mengoptimalkan objek wisata yang sudah ada, adanya pelabuhan di Celukan Bawang juga dapat membuka kemungkinan pengembangan destinasi baru di wilayah Bali Utara.

Selain wilayah Bali, objek wisata yang selanjuntnya dikembangkan adalah Labuan Bajo. Wilayah tersebut juga saat ini sedang dibangun pelabuhan yang dapat menampung kapal pesiar. Wilayah yang masih alami dan memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan membuat Labuan Bajo sangat cocok untuk tempat bersandar kapal pesiar yang mengangkut wisatawan asing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here