Untuk menjalankan sebuah bisnis, salah satu yang sulit dilakukan adalah saat akan menaikkan harga suatu produk. Mengapa ini menjadi sulit? Ini karena tidak semua konsumen memahami keputusan menaikkan harga produk. Untuk menghindari dampak dari kenaikan produk, seperti kehilangan pelanggan dan peminat yang berkurang, maka perusahaan harus menggunakan strategi manajemen yang tepat. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Sosialisasikan ke pelanggan

Dalam bisnis, konsumen merupakan elemen terpenting. Jika terjadi kenaikan produk tenti akan berdampak terhadap konsumen. Untuk menghindari kehilangan konsumen maka, sosialisasikan kepada pelanggan jika untuk memahami keputusan tersebut.

Perubahan harga dapat disosialisasikan melalui media online, seperti email, sosial media, dan toko online. Pemberitahuan tersebut dapat berupa banner atau semacam iklan yang berisi rencana perubahan harga.

Keuntungan bukan alasan

Strategi manajemen dalam menaikan harga produk selanjutnya adalah jangan sampai menyalahkan inflasi. Sebaliknya Anda perlu menjelaskan keuntungan yang akan didapat bagi pelanggan atas adanya kenaikan harga tersebut.

Perkuat branding untuk menjaga loyalitas

Brand image dalam sebuah usaha memiliki pengaruh yang sangat besar dan dapat membuat konsumen untuk terus membeli barang yang dihasilkan oleh perusahaan. Jika sudah ada brand image maka konsumen akan semakin yakin jika produk Anda yang terbaik di bidangnya sehingga konsumen tidak mempermasalahkan jika ada kenaikan harga.

Berikan bonus atau hadiah

Pada umumnya ketika ada kenaikan harga suatu produk, konsumen akan mengurungkan niatnya untuk membeli. Untuk menghindari hal tersebut strategi manajemen yang dilakukan adalah dengan memberikan bonus spesial.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan bonus jika konsumen dapat belanja dalam jumlah tertentu. Diantaranya adalah memberikan kupon undian ataupun hadiah. Ini dilakukan agar pelanggan merasaka keuntungan meskipun ada kenaikan harga.

Berikan touch up pada produk

Strategi manajemen yang terakhir dalam menaikan harga produk adalah dengan memberikan sentuhan baru pada produk. Misalnya Anda dapat membuat kemasan baru yang lebih menarik, memperbaharui kualitas kemasan serta mempercantik packahing dalam pengiriman barang.

Karena konsumen selalu berpikir ingin mendapakan lebih dari apa yang dapat mereka berikan maka dalam menaikan suatu produk harus diperhitungkan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here