Produk kerajinan Bali saat ini memang perlu diperhitungkan, baik dikalangan lokal, nusantara, maupun untuk keperluan ekspor. Ada berbagai berang kerajinan yang diminati wisatawan mancanegara yang kemudian menjadi komoditi ekspor.

Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang potensial dalam mengembangkan produk-produk kerajinan. Selain karena terkenal dengan pariwisata, produk kerajinan Bali juga memiliki kans yang tinggi untuk dikenalkan ke dunia internasional. Ini karena para wisatawan mancanegara menjadi peluang yang baik bagi para pengrajin untuk memperkenalkan produknya.

Di Bali terdapat banyak Artshop, pasar seni, dan toko oleh-oleh. Tempat-tempat tersebut menjadi tempat pemasaran hasil dari kerajinan Bali. Biasanya para agen wisata kerap mengajak wisatawan untuk mengunjungi tempat-tempat yang menjual kerajinan khas Bali.

Setiap daerah memiliki ciri khas mengenai produk yang dihasilkan. Berikut ini beberapa produk kerajinan Bali yang berbasis kearifan lokal.

Emas dan perak di Celuk

Hasil kerajinan emas dan perak di Desa Celuk memang sudah sangat terkenal. Desa ini mampu menghasilkan berbagai kerajinan emas dan perak dengan mutu dan kualitas terbaik. Yang menarik adalah desa ini mampu memenuhi kebutuhan pasar lokal maupun pasar internasional karena dapat memproduksi dalam jumlah yang besar.

Topeng

Produk kerajinan Bali selanjutnya adalah Topeng. Bali terkenal dengan seni tari Topeng. Dalam tarian tersebut penari akan mengenakan topeng sesuai lakon yang diperankan. Selain untuk melengkapi dalam tarian Topeng ternyata banyak wisatawan yang menginginkan topeng dengan berbagai lakon tersebut. Ada beberapa lakon topeng yang dapat dipilih antara lain Barong, Rangda, Topeng Tua, Ratu dan topeng Bindres.

Anyaman

Kerajinan anyaman juga menjadi salah satu yang dihasilkan dari kearian lokal. Anyaman menjadi produk kerajinan yang diminati baik untuk keperluan sehari-hari hingga kebutuhan upacara keagamaan, adat istiadat, dan sebagainya.

Produk anyaman Bali sudah diekspor ke berbagai negara di dunia seperti Jepang, Korea Selatan, China, Perancis, Italia, dan sebagainya. Produk anyaman tersebut berupa tas, dompet, bakul, tikar, kursi, dan bakul. Untuk bahan yang digunaakn adalah pandan, rotan, bambu, jerami, dan daun lontar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here