PLTA Kayan adalah pembangkit listrik tenaga air tebesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

PLTA Kayan direncakanan dibangun pada akhir tahun 2019 ini. Meskipun belum dibangun, PLTA Kayan sudah dinobatkan sebagai PLTA terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Proyek pembangunan PLTA Kayan di Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara tersebut akan dilaksanakan oleh PT Kayan Hydro Energy (KHE), dan bekerjasama dengan Powerchina International Group Limited dari Cina.

Mengenal Pembangun PLTA Kayan

Powerchina adalah perusahaan yang sebelumnya telah berinvestasi dalam pembangunan  PLTA Three Gorges Dam di China, PLTA terbesar di dunia yang dalam pembangunannya menghabiskan dana sekitar Rp 250-300 triliun.

PLTA Three Gorges Dam atau Bendungan Tiga Ngarai di China adalah PLTA terbesar di dunia yang terletak di distrik Yiling, Provinsi Hubei. Kapasitas yang dihasilkan oleh Three Gorges Dam adalah 22.500 megawatt (MW).

Kapasitas listrik yang dihasilkan Three Georges Dam tersebut jika dikalkulasikan memiliki kapasitas setengah dari total seluruh pembangkit di Indonesia (dengan tafsiran sekitar 53 ribu MW).

Terdapat BUMN dalam negeri yang juga terlibat dalam pembangunan PLTA Kayan, salah satunya adalah PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Adhi Karya kimpahnya memang tidak dapat diremehkan, pengalaman lamanya dalam pembangunan berbagai konstruksi tercatat memiliki rekam jejak yang baik.

Kiprah Adhi Karya di Indonesia sudah tidak diragukan lagi (bisnis.com)

Adhi Karya beberapa kali menangani pembangunan proyek besar di Indonesia dan luar negeri. Di Indonesia berbagai sarana dan prasarana telah berhasil dibangun Adhi Karya, mulai dari jalan, gedung, jembatan, dan masih banyak lagi.

Terkait dengan pembangunan PLTA, Adhi Kayta sebelumnya telah membangun beberapa pembangkit listrik di antaranya PLTU Tembilahan, PLTU Sintang, dan PLTU Kaltim.

Saat ini, berkaitan denan  proyek PLTA, Adhi Karya tengah tengah menjalin kerja sama dalam membangun PLTA di Sungai Asahan. PLTA Asahan sendiri dibangun melalui kerja sama dengan perusahaan Shimizu, Jepang.

Adhi Karya dalam kiprahnya telah sukses menyabet banyak penghargaan, seperti pada tahun 2015 Adhi Karya masuk dalam kategori The Top 50 Companies For 2015 dari Majalah Forbes Indonesia.

Adhi Karya juga berhasil mendapat Penghargaan X Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2015 untuk Kategori BUMN Indonesia. Terkait pembangunan PLTA Kayan, Adhi Karya telah menandatangani perjanjian pelaksanaan proyek  pada bulan Agustus 2019 silam.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here