Kapal pesiar Regent Seven Seas Marrine yang marupakan salah satu kapal pesiar terbesar selama taun 2018 datang ke Bali. Kapal tersebut membawa ribuan wisatawan asing dan berlabuh di pelabuhan Benoa pada penghujung tahun 2018.

Chief Executive Officer PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Bali-Nusra, Wayan Eka Saputra mengungkapkan bahwa kapal pesiar tersebut merupakan satu-satunya kapal pesiar yang singgah dipelabuhan terbesar di Pulau Bali sepanjang 2018. Sejak bencana erupsi Gunng Agung pada pertengahan tahun 2017 lalu, semua kapal pesiar membatalkan kunjungannya ke Bali.

Menurut Eka, karena alasan terebut sepanjang 2018 hanya ada satu kapal yang berlabuh di Pulau Bali, yakni kapal Regent Seven. Kapal ini merupakan kapal yang baru pertama berlabuh di Benoa. Eka berharap pada tahun 2019 akan banyak kapal pesiar yang berkunjung ke Bali dan dapat menikmati berbagai obyek wisata menarik di Pulau Dewata.

Ekan menambahkan bahwa dari data kunungan kapal pesiar sejak 2016 tercatat sudah ada 56 kapal, dan telah mengangkut wisatawan mancanegara sekitar 2.000 hingga 3.000 per kapal. Kunjungan wisatawan mancanegara melalui jalur laut setiap tahunnya terus meningkat dan sangat diminati. Hal ini tentu berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara.

Berdasarkan data tersebut, pada semester I-2017, terdapat 38 kapal pesiar berlabuh, atau mengalami kenaikan 32% dibandingkan dengan periode tahun 2016. Pada semester tersebut, telah tercatat sebanyak 32.200 wisatawan mancanegara yang menggunakan kapal pesiar di Pelabuhan Benoa. Dari total tersebut, 32.052 penumpang turun dan berwisata ke Bali. Jumlah yang berwisata mengelilingi Bali tumbuh hingga 28% dibandingkan dengan semester I-2016.

PT Pelindo III Cabang Benoa juga telah melakukan perbaikan infrastruktur pelabuhan sering meningkatnya jumlahh kapal pesiar yang bersandari di Pelabuhan Benoa. Dermaga yang awalnya memiliki panjang 290 meter dilakukan perbaikan dan diperpanjang menjadi 340 meter. Kedepannya infrastruktur pendukung juga sedang disiapkan pemerintah daerah guna menyambut wisatawan mancanegara yang menggunakan kapal pesiar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here