Kabupaten Tabanan membuat kontes bonsai Nasional Tahun 2018. Sebanyak 350 bonsai dengan berbagai jenis akan meramaikan kontes tersebut. Kontes telah dimulai sejak tanggal 11 November dan akan selesai pada tanggal 18 November 2018.

Acara yang diikuti berbagai kalangan dari berbagai daerah ini dibuka oleh Wakil Bupati 1 Komang Gede Sanjaya. Kontes bonsai teresebut di laksanakan di Lapangan Dangin Carik, Tabanan. Acara ini masuk dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Tabanan yang ke-525.

Ketua paniyia yang menjabat Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Tababan I Wayan Supranata mengungkapkan bahwa kegiatan pameran serta kontes bonsai Nasional di Kabupaten Tabanan ini rencananya akan diadakan setiap tahun.

Pameran dan kontes bonsai ini dibuka untuk umum. Untuk penilaian teridri dari 4 karakter seperti kematangan, gerak dasar, keserasian, dan penamplan. Untuk peserta dari PPBI se Bali hingga Nasional. Supranata menambahkan bahwa pameran dan kontes tersebut nantinya dibedakan masing-masing kelas dan dicari best in show atau kelas terbaiknya dari keseluruhan kelas.

Wakil Bupati I Komang Gede Sanjaya memberikan apresiasi kepada pelaksana pameran dan kontes bonsai yang melibatkan banyak masyarakat di luar Bali. Hal ini penting karena jika diadakan setiap tahun bertepatan dengan perayaan HUT Kabupaten Tabanan maka ini dapat menarik wisatawan. Terlebih lagi pameran ini juga memperkenalkan daerah Tabanan ke masyarakat yang lebih luas.

Kedepannya diharapkan ada banyak acara atau kontes yang diadakan di Tabanan. Bahkan jika dibutuhkan akan diagendakan dari jauh-jauh hari untuk acara tahun depan. Selain itu, Komang Gede Sanjaya juga berharap event pariwisata seperti ini dapat berlangsung setiap bulannya. Jadi wisatawan yang hadir ke Tabanan dapat menikmati berbagai macam acara yang menarik.

Sanjaya juga menegaskan bahwa untuk mengadakan acara yang dapat menarik wisatawan diperlukan komitmen yang kuat dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup serta mewujudkan Tabanan yang bersih dan hijau. Jika kerjasama ini terlaksana maka jumlah wisatawan yang berkunjung ke Tabanan akan terus meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here