Fobia adalah situasi dimana manusia akan merasakan rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu. Pada umumnya fobia terjadi akibat melihat suatu benda atau karena merasakan sesuatu yang mengerikan. Namun demikian saat ini banyak terjadi fobia yang disebabkan karena teknologi.

Mungkin hal ini sering tidak disadari oleh kebanyakan orang. Seperti halnya fobia terhadapa ketinggian, ruang gelap, atau sempit, fobia teknologi merupakan rasa ketakutan yang jarang dialami manusia. Bahkan beberapa psikolog mengungkapkan bahwa belum ada cara pasti untuk menyembuhkan fobia tersebut.

Ada beberapa gobia terhadap teknologi, berikut beberapa diantaranya.

Technophobia

Ini merupakan fobia teknologi secara umum. Technophobia menggambarkan seseorang yang akan merasa ketakutan yang berlebihan terhadap efek teknologi yang ada. Adanya inovasi dan teknologi yang baru dapat membuat rasa cemas yang berlebihan. Dia merasa inovasi teknologi tersebut dapat mengganggu kehidupannya.

Nomophobia

Ini merupakan fobia dari seseorang yang merasakan takut atau merasa cemas saat jauh dari ponselnya. Sebenrnya Nomophobia berasal dari kata No Mobile Phobia. Penerita akan merasa takut dan cemas saat baterai ponsel mati, atau saat dia berada di suatu daerah yang tidak ada sinyal.

Cyberphobia

Jenis fobia ini sebenarnya mirip dengan technophobia. Yang membedakan adalah cyberphobia merupakan rasa ketakutan terhadap komputer atau bekerja dengan menggunakan komputer. Mereka yang melihat komputer akan merasa cemas dan merasa dapat membahayakan dirinya.

Selfiephobia

Selfie merupakan hal yang hampir dilakukan oleh semua orang. Namun meski demikian terdapat bebearpa orang yang ternyata takut saat melakaukan foto selfie. Hal ini yang disebut dengan selfiephobia, yakni rasa takut jika diajak selfie. Penyebab rasa takut tersebut adalah merasa hasil dari foto selfie tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Telephonobia

Fobia ini mirip dengan nomophobia. Yang membedakan adalah telephonobia dialami seseoarang yang mengalami ketakutan saat menerima telepon. Apalagi jika nomor telepon yang masuk tidak dikenal. Umumnya fobia ini terjadi pada seseoarang yang pernah mengalami hal yang kurang nyaman melalui telepon seperti pengancaman ataupun penipuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here