Mudik lebaran merupakan tradisi yang kerap dilakukan masyrakat Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Mereka yang bekerja di perkotaan atau urbanisasi setiap tahun akan pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarga.

Biasanya mudik lebaran terjadi mulai H-7 hari raya Idul Fitri. Tak heran jalanan selalu dipadati pemudik dan hampir semua tiket transportasi habis. Merasakan macet dijalan sudah menjadi hal biasa, dan hal ini yang perlu diperhatikan bagi keluarga yang ingin mudik bersama anak kecil.

Agar lebih nyaman saat mudik bersama si kecil maka perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

Transportasi yang digunakan

Transportasi merupakan sarana yang penting bagi pemudik. Apabila Anda menggunakan moda transportasi umum saat mudik bersama anak kecil maka transportasi udara atau pesawat merupakan pilihan terbaik. Ini karena durasi perjalanan menggunakan pesawat adalah yang paling singkat.

Selain pesawat, Anda juga dapat memilih menggunakan kereta api. Perjalanan menggunakan kereta api akan lebih nyaman karena tidak akan merasakan kemacetan di jalan. Namun Anda harus memesann tiket jauh-jauh hari sebelum lebaran jika tidak ingin kehabisan tiket.

Mengetahui kebiasaan anak

Selain transportasi, hal yang perlu diperhatikan adalah mengetahui kebiasaan anak. Dalam hal ini adalah menu makanan, jam tidur, dan tingkah lakunya. Jika Anda menggunakan kereta api, Anda dapat menuju ke gerbong makan untuk mendapatkan air panas untuk membuat susu formula.

Sedangkan jika Anda menggunakan kendaaraan pribadi maka Anda harus mempersiapkan air panas dalam tremos. Selain itu pampers dan perlengkepan bayi lainnya juga harus sudah siap di kendaraan Anda.

Mempersiapkan aktivitas mengisi waktu

Mudik lebaran biasanya membutuhkan waktu yang lama sehigga dapat membuat anak bosan. Jika demikian biasanya anak akan rewel. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka Anda harus mempersiapakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk mengisi waktu tersebut Anda dapat menyiapkan mainan, mengajak anak menonton video atau hal yang lain yang membuat anak tidak bosan. Jika menggunakan kendaraan pribadi maka disarankan untuk sering berhenti atau istirahat di rest area. Saat istirahat Anda dapat mengajak anak bermain agar anak tidak jenuh.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mudik lebaran bersama Anda. Buatlah mudik lebaran Anda lebih berkesan dengan memperhatikan hal-hal di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here