Seperti yang ktia ketahui, traveling tidak bisa lepas dengan istilah kuliner. Jika Anda berkunjung ke suatu tempat, selain untuk menikmati wisata yang ada, tentu kuliner khas menjadi pilihan selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan.

Setiap daerah tentu memiliki berbagai jenis kuliner yang ditawarkan. Indonesia memiliki banyak suku dan budaya sehingga ada banyak sekali kuliner daerah dengan cita rasa yang khas sesuai dengan daerah masing-masing. Namun dari sekian banyak kuliner yang ada, terdapat beberapa kuliner ekstrim yang perlu Anda coba. Kuliner ekstrim memang enderung menjijikan, tapi bagi warga daerah hal tersebut sudah menjadi tradisi. Untuk mencoba makanan ekstrim tersebut, berikut beberapa diantaranya yang dapat Anda coba.

Botok Tawon

Botok tawon masuk dalam daftar kuliner ekstrim yang cukup aneh untuk dikonsumsi. Kuliner ini berasal dari Jombang, Jawa Timur. Pada umumnya botok yang disuhkan biasanya terbuat dari ampas kelapa, namun daerah tersebut menyuguhkan botok yang berasal dari tawon. Meski terlihat menyeramkan tetapi setelah Anda coba, botok tawon memiliki cita rasa yang nikmat. Terdapat rasa pedas, asam, dan manis dengan tekstur rasa tawon yang sedikit kasar di lidah.

Ulat Sagu

Saat Anda berkunjung ke Papua, Maluku, dan NTB maka Anda akan menemukan kuliner ulat sagu. Hewan dengan protein tinggi ini biasanya ditemukan di pohon kelapa yang sudah mati atau pohon sagu. Bagi yang tidak pernah melihat ulat sagu pasti akan jijik, namun masyarakat Papua dan sekitarnya sudah biasa mengonsumsi mentah-mentah kuliner favorit ini. Jika Anda merasa jijik maka Anda dapat membuatnya menjadi sate.

Tikus Asap

Kuliner yang satu ini tentu sangat tidak lazim bagi kebanyakan orang. Banyangkan saja, tikus yang umumnya hidup digorong-gorong dan memakan sisa makanan di tempat sampah justru dikonsumsi manusia. Saat Anda bekunjung ke Pasar Tomoho, Manado maka Anda akan menemukan tikus asap. Namun tikus yang dipilih adalah tikus hutan yang tinggal di semak-semak hutan. Meski lebih bersih dibandingkat tikus got, tikus asap tentu masih terlihat menjijikan jika dikonsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here